Selasa, 26 Mei 2015

fototropisme dan geotropisme


1.      Jelaskan pengaruh auksin pada fototropisme dan geotropisme!

Jawaban :

Auksin yang terdapat pada tumbuhan khususnya kecambah tersebut dalam keadaan geotropisme, bila tanaman diletakkan secara horizontal, maka akumulasi auksin akan berada di bagian bawah. Hal ini menunjukkan adanya transportasi auksin ke arah bawah sebagai akibat dari pengaruh geotropisme. Dapat dikatakan bahwa auksin yang terkumpul di bagian bawah memperlihatkan lebih banyak dibanding dengan bagian atas. Dengan adanya gravitasi maka letak bahan yang bersifat cair akan berada di atas, sedangkan bahan yang bersifat padat berada di bagian bawah. Tumbuhan yang pada salah satu sisinya disinari oleh matahari maka pertumbuhannya akan lambat karena jika auksin dihambat oleh matahari tetapi sisi tumbuhan yang tidak disinari oleh cahaya matahari pertumbuhannya sangat cepat karena kerja auksin tidak dihambat. Sehingga hal ini akan menyebabkan ujung tanaman tersebut akan cenderung mengikuti arah sinar matahari atau yang disebut fototropisme.

2.      Apa yang membedakan gerak tropisme dan gerak taksis?

Jawaban :

Tropisme merupakan salah satu gerakan paratonik, gerakan ini terjadi pada sebagian dari tumbuhan (akar dan batang), yang disebabkan adanya rangsang dari arah gerak ditentukan oleh arah rangsang. Gerak taksis merupakan gerak perpindahan tempat sebagian atau seluruh tumbuhan akibat adanya rangsangan. Jadi perbedaan antara gerak tropisme dengan gerak taksis terdapat pada pergerakannya, tropisme merupakan gerak patonik dan arah gerak yang ditentukan oleh rangsang, sedang gerak taksis gerak perpindahan tempat.

1 komentar:

  1. Buy Online Soccer Bets Online and Get Up to 트맨 스포츠 william hill william hill 우리카지노 계열사 우리카지노 계열사 748Soccer Predictions | Today's Soccer and Football Predictions - Lacbet

    BalasHapus